Friday, December 8, 2017

Periksa Lampu Sebelum Perjalanan Jauh

Tags

www.otobuzzer.com

Berlibur bersama keluarga dengan mengendarai mobil adalah sesuatu yang sangat mengasyikkan. Manfaatnya sangat banyak terutama bagi tumbuh kembang anak kita karena bisa mengenal sesuatu yang baru. Apalagi jika liburannya jauh dari rumah, pasti makin banyak yang bisa mereka dapat.

Agar liburan jarak jauh dengan mengendarai mobil lancar, maka kendaraan harus diperiksa dengan cermat. Salah satu bagian mobil yang sangat penting untuk diperhatikan adalah lampu karena sangat berguna sebagai alat penerangan jalan ketika melakukan perjalanan malam hari.

Lampu-lampu yang harus diperiksa adalah lampu utama (headlamp), lampu senja, lampu jarak jauh (dim), lampu rem, lampu kabut (fog lamp), lampu sein dan lampu darurat (hazard). Pasyikan lampu-lampu tersebut menyala dengan terang dalam waktu yang lama.

Untuk dapat memastikan kondisi tersebut maka anda harus memeriksa kondisi filamen bohlam pada tiap-tiap lampu. Caranya adalah setelah semua lampu dinyalakan beberapa saat, matikan lampu-lampu tersebut berikut mesin kendaraan. Tunggula beberapa saat agar mesin dan bohlam kembali dingin. Setelah dingn, periksa secara cermat seluruh bohlam lampu.
Bohlam yang usia pakainya sudah lama biasanya terlihat berwarna putih atau bahkan kehitaman. Jika anda menemukan kondisi seperti itu segera ganti bohlam tersebut dengan yang baru. Hal ini untuk menghindari lampu mati secara tiba-tiba ketika dalam perjalanan.

Pada saat mengganti bohlam, hindarilah memegang kaca bohlam secara langsung, apalagi bohlam lampu halogen. Karena kotoran dan minyak yang melekat di tangan dapat pindah ke perangkat kelistrikan tersebut. Kotoran yang menempel pada kaca bohlam dapat memicu pecahnya bohlam saat mencapai suhu maksimal.

Tidak kalah pentingnya adalah konektor pada bohlam harus segera dibersihkan karena karat atau kotoran yang melekat pada sistem kelistrikan dapat mengganggu aliran listrik. Jika aliran listrik tida dapat berjalan lancar, cahaya yang dipancarkan oleh bohlam tidak akan maksimal. Pastika juga kabel-kabel dalam kondisi baik. Segera ganti kabel yang sudah usang atau getas.

Keep safety driving ya..


EmoticonEmoticon