Tuesday, December 5, 2017

Kesan Pertama Daihatsu All New Terios 2018

Setelah 11 tahun Daihatsu Terios bertahan dengan model yang sama, akhirnya tanggal 23 November 2017 diluncurkan model terbaru yang sudah berubah total. Dari segi bentuknya sudah jelas model dipersiapkan untuk menantang langsung Mitsubishi Xpander karena mobil ini bermain di kelas yang sama.


Ada delapan varian yang ditawarkan ke konsumen yaitu tipe X (AT/MT), tipe X deluxe (AT/MT), tipe R (AT/MT) dan tipe tertinggi adalah tipe R deluxe (AT/MT). Dari masing-masing varian tersebut juga ada dua pilihan transmisi yaitu manual 5 speed dan otomatis 4 speed. Perbedaan dari tipe biasa dan tipe deluxe adalah deluxe ada tambahan body skirt. Untuk harga rencananya akan ditetapkan pada bulan Januari 2018.

Eksterior

Penampilan berubah total yang sangat berbeda dengan model sebelumnya. Terlihat sangat cantik dengan lekukan yang mengalir sampai belakang dan juga berotot. Jika dilihat dari samping terlihat lebih rendah 3,5 cm dan lebih panjang 3 cm dari sebelumnya. Sedangkan lebarnya masih sama. Untuk ground clearance cukup tinggi yaitu 22 cm.

Lampu headlamp sudah LED yang berarti fitur yang paling unggul di kelasnya saat ini. Lampu kabut masih halogen biasa. Grill untuk tipe R sudah krum sedangkan tipe X masih sewarna dengan body. Aksen hitam di fender tidak setebal sebelumnya sehingga terlihat tidak terlalu SUV malah mirip dengan MPV. Velg menggunakan two tone dengan ukuran ban sebesar 215/60/17 sehingga terlihat besar.

Ketika dibuka kap mesin, terlihat mesin berformat penggerak roda belakang. Mesin yang digunakan berubah dari sebelumnya yaitu sekarang menggunakan mesin 1.500 cc yang sama dengan Avanza Veloz dengan kode 2NRVE sehingga tenaga dan torsinya justru menurun dibandingkan sebelumnya yaitu 109 HP, 145 Nm sekarang menjadi 104 PS, 136 Nm. Tetapi mesin dikembangkan lagi dan memiliki sejumlah komponen baru yang mungkin bisa mempengaruhi kehalusan serta kehematan bahan bakar. Air intake diletakkan tidak menghadap kedepan tapi menghadap ke samping sehingga membuat mobil ini cukup tangguh ketika melewati banjir.

Kemudian lekukan eksterior di belakang sangat berotot. Desainnya terlihat keren dan modern serta gagah berkesan SUV. Sensor parkir ada di belakang dan juga ada di depan berjumlah masing-masing 2 buah. Untuk varian R sudah dilengkapi dengan kamera 360 di belakang dan dibawah spion sehingga anda bisa melihat sekeliling mobil.

Letak ban serep cukup menarik karena dilengkapi dengan tray. Ketika anda menurunkan ban maka tray akan menurun dan ban tidak menyentuh jalan kemudian tray tersebut dilengkapi dengan roda sehingga anda hanya tinggal menariknya saja.

Spoiler juga terkesan sporty dengan aksen hitam yang terlihat macho. Tapi kaca belakang tidak dilengkapi dengan elemen pemanas dan hanya dilengkapi dengan wiper. Lampu belakang sudah LED yang ketika menyala berbentuk panjang dan pipih.

Bagasi belakang ketika semua kursi berdiri tegak masih cukup lapang. Mungkin masih muat sekitar 2 buah koper. Baris paling belakang bisa dilipat dengan dua step untuk memperluas bagasi ketika tidak diisi oleh penumpang.

Interior

Untuk masuk ke dalam mobil yang tipe R, anda tidak perlu menggunakan kunci karena sudah keyless smartkey yang sudah diberi sarung. Seluruh bagian interior berubah total berbentuk minimalis dan panel hitam terasa seperti mobil premium. Untuk kemudi sudah tilt steering dan belum teleskopik. Posisi mengemudi juga bisa diatur karena kursi pengemudi sudah dilengkapi dengan pengatur tinggi atau height adjuster.

Head unit belum terintegrasi dengan sistem di mobil. AC untuk tipe X dan R sudah digital dan ada fitur auto yang layak disebut sebagai climate control. Untuk konektivitas gadget sudah ada tombol AUX dan USB serta sudah Ipod ready. Rem tangan masih standard dan transmisi otomatis menggunakan model gate. Ventilasi AC juga bisa diatur fleksibel. Lampu untuk tipe R sudah auto headlamp ketika cuaca sudah mulai gelap otomatis lampu akan menyala. Panel bagian kanan ada tombol start/stop button, VSA, pengatur front sensor parkir.

Tempat penyimpanan di kabin depan juga banyak yaitu laci depan, di tengah, console tengah juga ada dua tempat yaitu dalam serta diatasnya bisa untuk menyimpan kartu. Untuk door trim tidak semua material keras tapi ada material fabric.

Untuk kursi baris kedua terasa lebih tinggi dari kursi depan sehingga mempunyai penglihatan yang baik. Disini juga dilengkapi seat belt 3 titik dan bisa dilipat 60:40. Kemudian baris ini bisa maju mundur dan bisa direbahkan tapi hanya setengah.

Di baris ketiga memang tidak terlalu lega tetapi masih nyaman karena tidak terlalu sempit, mungkin untuk anak kecil masih sesuai atau dengan tinggi postur tertentu. Di baris ini juga dilengkapi seat belt 2 titik, slot power 12 volt, speaker belakang.

Kesimpulan
Mobil ini sudah sangat meningkat kualitasnya dari segi desain maupun fitur dan tidak sia-sia menunggu 11 tahun. Sudah pasti bisa meramaikan pasar mobil Indonesia dengan persaingan yang sengit di tahun 2018 melawan mobil sekelasnya seperti Xpander dan BRV.



EmoticonEmoticon