Thursday, November 30, 2017

Kesan Pertama Toyota Rush 2018 Terbaru

Beberapa hari yang lalu tepatnya hari Kamis, 23 November 2018, Toyota meluncurkan mobil barunya yaitu Toyota Rush 2018. Toyota Rush generasi terbaru ini mempunyai dua varian saja yaitu tipe G dan TRD Sportivo. Mungkin saja ini trik dari Toyota untuk memposisikan mobilnya untuk kelas yang lebih tinggi. Sedangkan jika ada yang ingin varian yang kelas lebih rendah maka diarahkan untuk memilih Daihatsu Terios yang sudah pasti kembaran dari mobil ini.


Untuk harganya masih akan diumumkan di bulan Januari 2018 dan bocorannya harganya naik nggak lebih dari 3 juta dari harga yang sekarang. Apakah betul? Kita tunggu saja nanti. Nah, mari kita simak kesan pertama dari mobil ini yang merupakan generasi ketiga yaitu pertama adalah Daihatsu Taruna, kedua adalah Toyota Rush yang berkonde alias jeep dan ketiga adalah yang terbaru seperti yang akan kita bahas sekarang.

Eksterior

Mobil Toyota Rush Terbaru ini didesain khusus untuk pasar Indonesia karena penjualan tertinggi ada di Indonesia. Desain yang baru ini berubah total, yang tadinya jeep sekali, sekarang kesannya seperti MPV Crossover jadi di bagian belakangnya sudah tidak ada kondenya lagi alias tidak ada ban serep di belakang karena sudah diletakkan di bagian bawah. Jadi keuntungannnya space yang tadinya untuk ban serep, sekarang untuk memperpanjang kabin sehingga lebih lega dan penambahan panjang mobil tidak terlalu berlebihan dibanding yang lama.

Bagian depan mobil ini lampunya sudah full LED, tapi belum projector. Lampu sein dan fog lamp belum LED. Untuk varian TRD Sportivo ada under guard sehingga kelihatan lebih garang, sedangkan varian G tidak ada. Kemudian cover fog lamp juga lebih besar sehingga lebih kekar. Grill depan berwarna piano black sehingga terkesan mewah dibandingkan banyak aksen krum yang berlebihan. 

Kemudian profilnya sangat kuat karena banyak garis-garis yang cukup ekstrim terutama di kap mesin sehingga mempunyai kesan berotot. Kesan berotot ini didukung oleh ban dengan ukuran 17 inch dengan traction A yaitu ban yang mampu berhenti dalam kondisi lurus dan basah dengan jarak pengereman terpendek. Ground Clearance mobil ini cukup tinggi yaitu 220 mm jadi aman buat melewati polisi tidur. Roof rail model tempel juga memberikan kesan SUV dan berguna ketika penumpang penuh dan memerlukan bagasi tambahan dengan roof box.

Di bagian mesin setelah dibuka, kapnya sudah dicat, sudah ada peredamnya di kap dan di ruang mesin sampai ke belakang. Mesin melintang ke belakang karena menggunakan penggerak roda belakang alias RWD sehingga terkesan ada sedikit ruang yang kosong. Intake diletakkan tinggi sekali, mungkin bertujuan agar aman dari banjir, tingginya sekitar 1 meter, cukup tinggi. Secara keseluruhan di ruang mesin sudah ada improvement karena terlihat lebih rapi walaupun ada juga yang masih berantakan. Untuk aki sepertinya agak kecil tapi lebih mendingan daripada model lama karena meskipun kecil tapi lampu depan dan belakang sudah LED sehingga tidak memerlukan daya yang banyak atau lebih hemat. 

Di bagian samping, jika dahulu Toyota rush mempunyai moulding yang besar untuk memberikan kesan SUV, tapi sekarang tidak, bahkan kelihatannya lebih seperti MPV. Disini juga terlihat ada moulding yang berwarna hitam di pintu dan tulisan TRD Sportivo warna hitam yang sepertinya tidak perlu memakai tulisan karena kesannya ramai. 

Bagian belakang mobil lampunya sudah memakai LED, tapi lampu mundur dan lampu sein belum LED. Kemudian di bagian bawah ada reflektor. Juga ada underguard yang cukup besar ada tulisan TRD untuk varian TRD Sportivo, bahkan karena besarnya under guard, muffler sampai tidak kelihatan. Di bagian belakang juga ada kamera parkir, rear defogger, spoiler, high mountain stop lamp, dan juga antena dengan model shark fin. 

Interior

Untuk interior terlihat desain dashboardnya barubah total tapi masih menggunakan model tegak seperti model pendahulunya. Kualitas bahan untuk interior juga terbilang bagus contohnya di sekitar AC memakai kulit sintetis dengan jahitan asli bukan palsu. Untuk tipe G tidak memakai kulit tapi menggunakan krum. Untuk tipe TRD Sportivo diatas panel kulit ada krum dengan piano black sehingga lebih mewah. 

Kemudian doortrim tidak full plastik tapi ada bahan fabric sewarna seperti avanza, arm rest kanan kulit, arm rest tengah juga kulit. 

Panel pintu kanan ada up and down untuk pengemudi, ada electric mirror dengan retractable. Di sekitar pengemudi, ada push start engine button, VSA (Vehicle Stability Cintrol), HSA (Hill Start Assist) dan ada tempat penyimpanan. 

Untuk posisi mengemudi sudah ada tilt steering dan belum teleskopik. Di bagian jok juga sudah ada height adjuster dan agak disayangkan tidak ada seat belt yang height adjuster. Panel instrumen spedometer masih biasa saja, tapi sekarang sudah ada TFT LCD. Kemudian untuk kemudi juga sudah memakai kulit. Untuk tipe G belum ada tombol untuk mengangkat telepon di kemudi. Di depan pengemudi ada sensor cahaya jadi sudah ada auto lamp. Diatas head unit ada ventilasi AC yang menghadap kebelakang seperti avanza agar lebih cepat dingin jika memakai double blower. 

Untuk head unit sudah lebih advance karena sudah memakai layar 7 inchi touchscreen semua dan multitasking. Tidak ada kamera 360 seperti yang ada di kembarannya Daihatsu Terios. AC juga sudah digital dengan auto AC sedangkan tipe G belum ada auto AC tapi sudah digital. Dibawah panel AC ada colokan 12 volt dan yang menarik adanya seat belt alert yang semua nyala di 5 titik. Sehingga jika ada penumpang bagian belakang tidak menggunakan seat belt maka akan menyala lampu indikatornya tapi tidak berbunyi, jadi yang berbunyi hanya untuk penumpang dan pengemudi di bagian depan. 

Untuk transmisi masih sama persis dengan Toyota Rush lama atau Avanza yang kita kenal, tapi bedanya diberi aksen kulit untuk tongkatnya. Rasanya memang seperti ketinggalan jaman tapi ini mudah dioperasikan. Kemudian ada hand break, cup holder, ada tempat penyimpanan sekaligus untuk arm rest kiri pengemudi. Di depan jok penumpang bagian depan ada storage yang cukup besar. Untuk kedua sunvisor jika dibalik ada kaca beserta lampu. Untuk safety sudah ada 6 buah airbags dengan 4 airbag dan 2 curtain airbag dari depan sampai belakang. Jadi jika terjadi kecelakaan kepala akan terlindungi dari samping.

Jok di kursi baris kedua bisa reclining tapi tidak bisa rebah sekali, sekitar setengah. Duduk di kursi baris kedua ini, leg room terasa lega ketika disetting mundur. Untuk penumpang tinggi 170 cm ketika disetting paling maju juga masih ada leg roomnya, jadi dari segi akomodasi mobil ini cukup baik. Di baris kedua juga tidak ada arm rest tapi diganti dengan space untuk penumpang tengah dilengkapi juga dengan head rest. Jadi di baris kedua ada 3 titik head rest. Kemudian di bagian pintu ada soft touch kulit, doortrim tidak full plastik dan ada bahan fabric sewarna. Untuk cup holder juga ada di pintu, di depan penumpang dan bagian tengah sebaris dengan arm rest depan. Disitu juga ada colokan 12 volt disamping cup holder tengah. 

Untuk kursi baris ketiga tidak bisa reclining dan sudah disetting miring tapi masih nyaman krn tidak terlalu tegak, ketika baris kedua disetting paling maju masih ada leg room untuk penumpangnya yang lega meskipun kursi baris ketiga ini agak meninggi dibanding baris kedua. Kemudian disampingnya juga ada cup holder, pocket dan juga colokan 12 volt. Di baris ini juga ada 2 speaker jadi total keseluruhan ada 8 buah speaker yaitu di depan ada 2 speaker, 2 tweeter, tengah ada 2 speaker dan di belakang 2 speaker.

Di bagian bagasi terlihat cukup lega meskipun tidak ada storage bagian bawah karena ada ban serep. Kursi bagian belakang juga bisa dilipat untuk menambah space bagasi dan juga bisa dilipat rebah untuk baris kedua dan ketiga jika ingin menambah space lagi. Di ruang bagasi ini juga ada lampu jika pintu bagasi dibuka. Di kaca bagian belakang juga ada wiper meskipun sudah disediakan defogger.

Demikian kesan pertama tentang Toyota Rush terbaru semoga bisa memberikan pencerahan bagi anda dan bisa membantu anda untuk mengambil keputusan dalam membeli mobil baru.






EmoticonEmoticon