Tuesday, November 14, 2017

Cara Merawat Material Plastik Pada Mobil Anda

Tags

Mobil bisa dibilang rumah kedua bagi anda yang mempunyai aktivitas yang sibuk. Oleh sebab itu kondisi mobil yang bersih dan nyaman baik itu bagian interior maupun eksteror menjadi suatu keharusan agar anda betah dalam mengendarai mobil dan citra bersih merupakan cerminan pribadi pemiliknya. Selain melakukan perawatan di salon mobil, anda juga bisa melakukannya sendiri di rumah ketika waktu luang.


Material plastik sangat mudah dibersihkan karena tinggal menggunakan kain lap dan langsung kelihatan bersih. Tapi untuk memperoleh hasil yang maksimal, perlu menggunakan alat dan bahan khusus untuk membersihkannya. Berikut beberapa material plastik yang ada di interior maupun eksterior mobil yang bisa dijangkau untuk dibersihkan secara berkala.

1. Door trim 

Komponen mobil yang terletak dibalik pintu ini ada yang bermaterial plastik ataupun soft material. Jika mobil anda mempunyai material plastik walaupun gampang dibersihkan tetap harus dirawat dengan rutin dengan menggunakan cairan khusus untuk mengembalikan kebersihan dan agar area tersebut mengkilap.

2. Kompartemen bagian tengah

Area ini juga disebut konsol bagian tengah yang terletak di dekat rem tangan dan persneling. Di area ini sering menjadi sarang debu jika tidak dibersihkan karena lubangnya terbuka. Apalagi disitu terkadang ada cup holder yang terkena bekas minuman manis, tempat uang receh, tiket parkir dan sebagainya dan penumpang di depan kadangkala ketika makan di mobil, remah-remahnya berceceran di konsole ini jadi wajib dibersihkan.

3. Dashboard

Dashboard adalah area yang paling gampang dijangkau dan dibersihkan. Meskipun ketika kita mencuci di car wash sudah pasti area ini dibersihkan, tapi seiring berjalan waktu area ini sangat rentan terkena panas matahari maupun debu dari luar ketika kaca dibuka. Bersihkan area ini dengan cairan khusus sehingga permukaan akan terawat dan mengkilap kembali.

4. Rumah kaca spion

Komponen ini kadangkala terbuat dari chrome dan ada juga yang terbuat dari plastik. Jika terbuat dari plastik maka harus dibersihkan dengan cairan khusus agar warnanya tidak kusam. Nah jika terbuat dari chrome maka harus dipoles agar berkilau kembali dan hilang bintik-bintiknya.

5. Bumper mobil

Area bumper mobil mobil baik depan maupun belakang terkadang ada material berbahan plastik. Seperti kisi-kisi udara, lis lampu kabut, bumper belakang dan lampu pantul belakang alias mata kucing. Area ini harus dibersihkan dengan cairan khusus agar tidak kusam karena berada di luar alias eksterior yang rentan terkena cuaca yang bisa menyebabkan warnanya menjadi kusam.

6. Saluran air

Komponen ini terletak di antara karet kaca depan dan kap mesin yang berfungsi sebagai tempat mengalirkan air hujan atau ketika mobil dicuci. Area ini terbuat dari plastik dan pastinya rentan warnanya menjadi kusam karena berada di luar alias terkena matahari langsung. Jika tidak rutin dibersihkan dengan cairan khusus maka warna akan memutih atau disebut bule.

Keep safety riding ya..




EmoticonEmoticon