Thursday, November 30, 2017

Cara Menggunakan Kartu E-toll yang Benar

Tags

Pemerintah sudah menetapkan bahwa sistem pembayaran di gerbang tol adalah dengan non tunai yaitu dengan menggunakan sistem kartu uang elektronik. Semua bank pemerintah sudah menerbitkan kartu ini ditambah satu bank swasta yaitu BCA agar masyarakat mudah untuk mendapatkan kartu serta top up dimanapun berada. Semoga ke depannya semakin banyak lagi bank yang ikut serta untuk memberikan pelayanan ini.


Namun akhir-akhir ini, banyak pendapat di media sosial maupun kenyataan yang terjadi di lapangan, antrian pembayaran dengan E- Toll malah membuat macet yang cukup panjang. Terutama di jam sibuk yaitu pergi dan pulang kantor, padahal tujuan utama menggunakan sistem pembayaran ini adalah untuk mempercepat proses transaksi tol. Mungkin salah satu sebab dari panjangnya antrian ini adalah belum familiarnya pengendara dalam menggunakan e-toll sehingga memperlama proses transaksi.

Cara yang benar bagaimana melakukan transaksi di gerbang tol dengan kartu elektronik yaitu dengan menempelkan kartu elektronik ditempat yang sudah disediakan sampai portal terbuka setelah itu langsung lepas karena mesin pembaca sangat cepat membaca. Tempel langsung angkat dan jangan ditempelkan terus apalagi digesek-gesek di bagian tersebut. Biasanya setelah ditempel (tap) sebentar langsung diangkat  setelah portal terbuka. Jika lama tidak terbuka, maka ulangi lagi cara tadi tanpa harus menggesek-gesek. Setelah terbuka portalnya kemudian ambil kertas tanda terima yang ada disampingnya jika membutuhkannya.





EmoticonEmoticon