Thursday, October 12, 2017

Istilah Baru Teknologi Sistem Keselamatan Mobil

Tags

Teknologi sistem keselamatan mobil sekarang ini sudah berkembang pesat dan canggih. Apalagi mobil-mobil baru banyak yang sudah menggunakan teknologi ini sehingga sangat banyak menunjang sistem keamanan. 


Dengan adanya teknologi baru ini sudah pasti para pemilik mobil harus mempunyai pengetahuan yang cukup tentang istilah-istilah yang terdapat pada teknologi keselamatan mobil. Berikut beberapa istilah tentang teknologi sistem keselamatan mobil.

1. Hill Start Assist (HSA)

Sistem ini membantu pengemudi mengaktifkan rem secara otomatis, saat akan mulai berakselerasi di jalanan menanjak. Biasanya hanya dalam durasi pendek sekitar 5 - 30 detik. Contoh beberapa mobil baru yang sudah menggunakan teknologi ini adalah Honda CRV, Mitsubishi Pajero Sport, Honda BRV, Mitsubishi Xpander, Kijang Innova dan Ford Ecosport.

2. Automatic Braking System 

Di setiap pabrikan namanya bisa berbeda-beda akan tetapi cara kerjanya sama. ABS berfungsi untuk membantu pengemudi menghentikan kendaraan, saat lengah menginjak pedal rem di kecepatan rendah antara 4 - 10 km per jam. Biasanya terjadi saat antri di kemacetan jalan di perkotaan. Mobil baru yang menggunakan teknologi ini contohnya adalah Mazda CX5, Mitsubishi Pajero Sport, dan Ford Focus.

3. Lane Departure & Keep Assistant

Teknologi keselamatan ini berfungsi membantu pengemudi untuk tetap berada di dalam satu lajur. Fitur ini akan memberikan peringatan hingga mengkoreksi kemudi secara otomatis kembali ke dalam lajur jika mendeteksi pengemudi akan pindah lajur tanpa mengaktifkan lampu sein. Beberapa monil yang sudah menggunakan teknologi ini adalah Mazda CX5, Mazda 2, dan Nissan X-trail.

4. Blind Spot Warning

Sistem ini sangat membantu pengemudi untuk menginformasikan apakah ada halangan atau mungkin ada kendaraan lain di blind spot (titik buta) ysng tidak terlihat oleh pengemudi. Bentuk informasi atau peringatan biasanya berupa indikator di kaca spion samping dan bunyi alarm saat lampu sein diaktifkan. Teknologi sudah digunakan oleh Mazda CX5, Mitsubishi Pajero Sport.

5. Head Up Display (HUD)

Fitur ini sangat membantu pengemudi untuk selalu melihat kedepan. Tidsk perlu mengalihkan pandangan ke meter cluster untuk mendapatkan informasi kecepatan misalnya. Teknologi ini sudah digunakan oleh mobil BMW M series, Mini Countryman JCW, dsn Mazda CX5.

Nah itu tadi istilah-istilah baru dalam teknologi sistem keselamatan mobil. Semoga bisa membantu anda dalam memahami teknologi ini.

Keep safety riding ya.





EmoticonEmoticon