Tuesday, October 24, 2017

Ini Yang Harus Dilakukan Untuk Menghemat Bahan Bakar Kendaraan Anda

Tags

Berwisata bersama keluarga atau teman dengan menggunakan kendaraan sendiri adalah sangat mengasyikkan dan mempunyai kesan dan kenangan tersendiri. Untuk menambah kesan dan kenyamanan tersebut ada baiknya anda menyimak bagaimana cara agar berkendara yang nyaman dan menghemat bahan bakar. Apalagi jika anda berwisata yang jaraknya jauh, maka tips ini pasti akan sangat membantu, lumayan kan kalau anda bisa menghemat bahan bakar, sisanya bisa untuk kuliner atau menambah cerianya liburan anda.


Berikut adalah beberapa langkah yang bisa anda lakukan untuk menghemat bahan bakar.

1. Gunakan fitur Eco Mode

Fitur Eco Mode ini sudah menjadi standar bagi sejumlah merek mobil terbaru. Ketika anda mengaktifkan fitur ini maka mesin akan mampu mengkonsumsi bahan bakar dengan efisien.

2. Mengatur akselerasi dan deselerasi

Ketika anda mengemudikan kendaraan hendaknya aturlah akselerasi alias menekan pedal gas dengan lembut. Begitu pula dengan deselerasi alias melepaskan pedal gas juga hendaknya dengan lembut. Jika anda melakukan kedua kegiatan tersebut dengan mendadak maka dapat membuat konsumsi bahan bakar menjadi lebih boros. Jadi lebih baik lakukanlah akselerasi dan deselerasi dengan lembut dan manfaatkan momentum daya dorong mesin dengan halus agar konsumsi bahan bakar menjadi hemat.

3. Carilah rute yang minim kemacetan

Rute yang minim kemacetan akan sangat membantu sekali dalam usaha menghemat bahan bakar. Ini bisa dilakukan dengan cara mencari rute tercepat dan minim macet lewat GPS. Teknologi ini sangat mudah digunakan dan user friendly. Kita bisa memantau kondisi lalu lintas yang akan kita lalui secara real time sehingga bisa mengantisipasi untuk mencari jalan lain yang lebih lancar jika jalan yang akan kita lalui tadi kondisinya macet.

4. Rutin service berkala

Dengan rutin service berkala maka akan meningkatkan dan menjaga performa mesin sehingga berimbas pada hematnya penggunaan bahan bakar. Hal ini disebabkan, mesin akan menerima pasokan udara dan bahan bakar sesuai kebutuhan sehingga tidak ada bahan bakar terbuang dengan percuma.

5. Kontrol tekanan angin ban

Periksa tekanan angin pada keempat roda sudah sesuai dengan kebutuhan atau sesuai standar yang disarankan pabrik. Tekanan yang terlalu minim akan menyebabkan gesekan yang berlebih antara ban dengan jalan. Begitu juga dengan tekanan angin yang terlalu tinggi juga tidak disarankan karena membuat mobil kehilangan traksi. Jadi tekanan angin harus pas agar menghemat bahan bakar.

6. Gunakan bahan bakar berkualitas

Di setiap kendaraan pasti sudah ada peringatan untuk menggunakan bahan bakar dengan ron yang sesuai dengan spesifikasi mesin. Rata-rata saat ini mobil sudah disarankan untuk menggunakan ron minimal 92. Hal ini untuk menghindari rusaknya fuel pump karena menggunakan ron dibawah standar yang disarankan. Bahan bakar beroktan 92 keatas ini juga sangat hemat dalam penggunaannya serta sangat menunjang dalam akselerasi.

Keep safety riding yaa...



EmoticonEmoticon