Thursday, October 12, 2017

Fitur In Car Entertainment Mulai Melimpah di Segmen LMPV

Fitur In Car Entertainment (ICE) alias perangkat hiburan di dalam mobil saat ini memang sudah wajib dan menjadi keharusan bagi para pemilik mobil. Berbagai alasan melatarbelakangi adanya fitur ini, diantaranya karena jalanan macet sehingga perlu hiburan untuk menghindari stress di jalan macet. Alasan lain adalah agar anak-anak dan anggota keluarga lainnya betah di dalam mobil di saat bepergian baik di luar kota ataupun di dalam kota.


Karena sudah menjadi keharusan, maka sudah banyak pabrikan mobil yang sudah menerapkan fitur ICE ini sebagai standar baru pabrikan mobil untuk memperkuat daya saing terhadap merek lain dan juga konsumen tidak perlu menambah sendiri fitur ini sehingga akan meminimalkan resiko seperti terjadinya arus pendek jika ada kesalahan dalam pemasangan.

Tadinya fitur ini hanya disematkan oleh pabrikan mobil untuk segmen mobil kelas atas. Akan tetapi sesuai perkembangan dan permintaan serta untuk mendukung daya saing, fitur ini sekarang juga sudah disematkan untuk mobil di segmen Low Multi Purpose Vehicle (LMPV). Fitur-fitur apa sajakah yang sudah disematkan untuk mobil LMPV sebagai standar baru dari pabrikan? Simak ulasan berikut ini.

1. Mirrorlink

Fitur ini sudah sangat menjadi kebutuhan para pengguna mobil karena berfungsi menghubungkan smartphone ke Head Unit sehingga pengemudi akan selalu terkoneksi dengan smartphone mereka. Hal ini memungkinkan pengemudi untuk menjawab telepon dengan aman apalagi ada fitur tombol penjawab telepon di kemudi. Kemudian bisa terhubung dengan GPS di smartphone untuk memandu tujuan. Dengan kata lain, fitur ini bisa memindahkan tampilan ponsel di Head Unit selain fitur Bluetooth ataupun USB connected termasuk kontrol terhadap semua fungsi smartphone hanya dengan menyentuh layar Head Unit.

Dulu fitur mirrorlink ini hanya bisa didapat di Head Unit aftermarket yang harga cukup mahal. Teknologi ini sebenarnya bukan hal baru karena saat ini sudah masuk ke era Android. Mobil yang sudah menerapkan teknologi ini adalah Wuling Confero tipe L dan Mitsubishi Xpander Ultimate.

2. Port USB di Setiap Baris Tempat Duduk

Kebutuhan akan smarphone alias ponsel bagi semua orang saat ini membuat mereka tidak bisa meninggalkannya. Apalagi ketika perjalanan jauh pada waktu liburan dengan mengendarai mobil keluarga, pasti ponsel tidak boleh mati. Untuk itu pabrikan dengan jeli melihat trend tersebut dengan menyematkan port USB di setiap baris tempat duduk sehingga penumpang tidak perlu berebut untuk charge baterai sehingga meningkatkan  kenyamanan penumpang. Fitur ini juga terdapat di Wuling Confero dan Mitsubishi Xpander.

3. Perangkat Akustik yang Memadai.

Kabin yang senyap sudah menjadi keharusan sehingga sistem audio akan maksimal hasilnya dan bekerja dengan baik. LMPV terbaru yaitu Wuling Confero dan Mitsubishi Xpander semua mengklaim bahwa kabin kedua LMPV itu senyap. Beberapa hal yang kedua pabrikan tersebut lakukan adalah misalnya Xpander memasang dual seal karet di semua pintu dan juga memasang kaca di bagian depan dan belakang lebih tebal yaitu 4,5 mm di bagian depan dan 3,5 mm di bagian belakang sehingga kabin akan senyap karena akustiknya baik dan audio tidak terganggu suara bising dari luar. Begitu pula Wuling Confero S juga memasang dual seal di setiap pintu sehingga meminimalkan suara masuk dari luar untuk memaksimalkan fungsi audio.

Begitulah perkembangan teknologi yang tidak mungkin dibendung dan juga harganya semakin terjangkau dan sangat dibutuhkan, apalagi untuk menunjang dalam persaingan di industri otomotif yang pangsa pasarnya semakin berwarna. Fitur ICE yang melimpah pasti akan merebut hati penggemarnya dan memenangkan persaingan, yang penting kualitas dan purna jual harus dijaga.

Keep safety riding ya.



EmoticonEmoticon