Monday, October 23, 2017

Begini Cara Mendapatkan Sistem Pengereman Optimal Pada Mobil Anda

Tags

Rem adalah bagian kendaraan yang sangat vital sehingga perlu mendapatkan perhatian yang khusus agar bagian ini bekerja dengan baik dan optimal. Untuk itu perlu dilakukan pemeriksaan secara berkala ketika servis dan perlu juga dilakukan pemeriksaan lagi jika anda ingin bepergian jarak jauh menggunakan kendaraan.


Ada beberapa hal yang perlu dilakukan agar sistem pengereman mobil bekerja optimal sehingga akan menjamin keselamatan kita di jalan ketika berkendara.

1. Gantilah minyak rem

Minyak rem bisa dibilang awet, meskipun demikian harus rutin diganti, setidaknya setiap 20.000 kilometer karena kualitas cairan ini bisa menurun karena pemakaian. Gunakanlah minyak rem dengan kualitas yang dianjurkan oleh produsen kendaraan.

2. Periksa Brake Shoe 

Bagian rem ini digunakan pada rem tromol, pastikan brake shoe atau sepatu rem dalam kondisi baik yaitu harus bersih dan terbebas dari karat agar tidak menimbulkan bunyi ketika pedal rem diinjak.

3. Periksa ketebalan kampas rem

Mobil yang menggunakan rem cakram harus rutin diperiksa ketebalan kampasnya. Jika pedal rem terasa bergetar ketika diinjak dan ada suara gesekan logam, maka itu adalah indikasi bahwa kampas rem harus segera diganti.

4. Gunakan spare part yang asli

Sistem pengereman sangat penting untuk meminimalkan terjadinya kecelakaan. Untuk itu pastikan bahwa komponen yang digunakan adalah asli dan bekualitas sesuai standar pabrikan, mulai dari cakram, kaliper, hingga kampas rem harus asli.

5. Periksa rem secara berkala

Sama seperti mesin, sistem pengereman juga perlu diperiksa secara berkala dan menyeluruh. Ini untuk mendeteksi terjadinya kerusakan atau keausan dari komponen-komponen di dalam sistem pengereman.

Keep safety riding ya..



EmoticonEmoticon